26 Jan 2014

Peta Perbedaan Antara Ahlus Sunnah & Syiah

Apa kabar teman semua? Lama tidak kultwit, berikut aku kultwitkan pada teman2 peta perbedaan antara Ahlus Sunnah dan Syiah, moga manfaat

Untuk ahlussunnah (baik itu kelompok mayoritas sufi atau minoritas salafi) aku beri kode (a), sedangkan syiah aku beri kode (b)...

(a). Dlm ahlussunnah, rukun Islam ada 5: syahadat, shalat, puasa, zakat & haji. Diambil dari aksiomatis dlm Qur'an & Hadits Shahih

(b) sedangkan syiah, rukun Islam jg 5: Shalat, zakat, puasa, haji dan wilayah (keimaman Ali & 11 keturunannya) (al-kafi, juz 18)

Sebelumnya aku ingatkan terlebih dulu pd teman2, bahwa syiah di sini adl aliran yg berkembang di Indonesia saat ini, Itsna Asyariyyah

(a) Qur'an dlm Mushaf Utsmani adl kitab suci terakhir yg final, tdk mengalami interpolasi seperti kitab2 suci pendahulunya

(b) menurut syiah, Qur'an yg ada sekarang baru 1/3 dari yg orisinal, 2/3 masih di tangan Mahdi (alkafi juz I hal 634)

Tetapi secara fisik Qur'an resmi syiah seperti milik sunni (Mushaf Utsmani) tapi Utsman dikecam & dicerca bahkan dimurtadkan

(a) Sahabat Nabi bertingkat2; ada muhajirin, ansar, fath makkah, pasca fathu makkah. Kualitas memang beda2, tapi semuanya adil...

 ...dan SDM pilihan. Tapi sebagai manusia biasa mereka bisa berbuat salah (tidak ma'shum seperti Nabi)

(b) menurut syiah, seluruh sahabat Nabi itu murtad karena tidak mendukung Imamah Ali bin Abi Thalib sbg pengganti Nabi, hanya sisa 4 sj

 ..yaitu Abu Dzar, Salman alfarisi, Ammar bin Yasir dan Miqdad. Bagi syiah Ali & keturunannya ma'shum seperti Rosul

(a) bagi ahlussunnah, kitab hadits yg shahih dan jadi referensi utama dlm syariat adl Shahih Bukhari dan Shahih Muslim

(b) bagi syiah, kitab hadits utamanya adl al-kafi, at-tahdzib, man laa yahdhuruhu alfaqih dan al-istibshar.. Beda referensi

Makanya kedua sulit ketemu dari titik penting ini. Itupun Ulama Syiah sering mengutip hadits2 Sunni untuk pembenaran keyakinan mereka

(a) bagi sunni, yg disebut hadits adl segala sesuatu yg disandarkan pada Rosul, baik ucapan, tindakan, akhlak & persetujuan diam beliau

(b) bagi syiah, hadits adl (sedikit) sabda Nabi, tetapi (banyak) perkataan/perbuatan para Imam (khususnya Imam Ja'far asShodiq)

Hadits imam 12 bagi syiah identik nilainya dg Hadits Rosul bahkan sama dg wahyu Allah (versi alkafi I/53)

(a) bagi ahlussunnah, Imamah bukanlah doktrin mutlak & keharusan. Tapi ini menyangkut kepentingan ummat. Tak ada nash qath'i soal itu

(b) bagi syiah, imamah adl konsep kepemimpinan mutlak berdasar nash ilahi & wasiat Nabi. Siapapun yg mati tdk berbaiat/iman ke imam 12

Maka ia dianggap mati dlm keadaan jahiliyyah (kafir)

(a) bagi Ahlussunnah, pengertian Ahlul Bayt adl Istri2 Nabi (Qs 33:33). Sdangkan putra putri Nabi otomatis masuk dlm ahlul bayt semuanya

(b) bagi syiah, ahlul bayt dikerucutkan hanya pada Fathimah, Ali, Hasan dan Husain. Istri2 Nabi dan yg lain dieliminasi

(a) bagi ahlussunnah, konflik Ali-Muawiyah adl persoalan politik, bukan pertentangan antara mukmin & kafir. Sbb Aqil, saudara Imam Ali..

 ...dlm konteks ini pro Muawiyah. Jika ini soal agama maka tentu Imam Ali angkat bicara secara serius, faktanya tidak ada hal itu

(b) bagi syiah, konflik Ali-Muawiyah adl pembangkangan terhadap nash keimaman Ali. Dan ini pertentangan antara Iman & kufur

(a) bagi ahlussunnah, Mut'ah hukumnya haram berdasar hadits Nabi yg diriwayatkan Imam Ali yg tak pernah mut'ah. Bukan pendapat Umar

(b) bagi syiah, mut'ah halal. Yg mengharamkan Umar. Kalau tidak diharamkan Umar (menurut mereka bukan Nabi yg melarang), maka...

 ...tidak ada orang berzina. Memberi kesan seakan Umar sebagai penetap hukum Syar'i

(a) bagi ahlussunnah, shalat 5 waktu waktunya terpisah2 5x dlm sehari. Jama' hanya diperkenankan dg alasan2 syar'i tertentu

(b) bagi Syiah, shalat 3 waktu: shubuh, Dzuhur-ashar dan maghrib-isya' 3 kali sehari (jama' sepanjang masa tanpa uzur apapun)

(a) bagi ahlussunnah, sujud dlm shalat di mana saja boleh asalkan memenuhi syarat kesucian

(b) bagi syiah, sujud di atas turba (kereweng tanah liat dari karbala). Argumentasinya di bawah dalil2 pendapat pribadi para Imam

(a) dlm ahlussunnah, tidak ada anjuran taqiyyah (sikap menyembunyikan keyakinan sementara) sbb dituntut harus berkata benar walau pahit

(b) bagi syiah, taqiyyah adl bagian dari agama yg dianjurkan kpda ummatnya dlm rangka adaptasi dg "lawan" (alkafi II/218)

Dan praktek taqiyyah ini oleh mereka acapkali digunakan untuk proses adaptasi dg Sunni

Dan benturan terbesar serta terfatal mereka adl sikap melaknat kepada 3 sosok raksasa dlm Islam, s. Abu Bakr, s. Umar dan s. Aisyah

Syiah dan Sunni bisa didekatkan, bisa didamaikan jika mereka mau tanazul untuk tidak lagi melaknat/menyalahkan Abu Bakr,Umar & Aisyah

Selama mereka masih melaknat/menyalah2kan tokoh2 besar yg diagungkan Sunni itu; maka SNSD hanya mimpi di siang bolong

Selamat malam, semoga menambah pengetahuan perihal peta umum perbedaan antara Ahlus Sunnah wal Jamaah & Syiah Rafidhah Itsna Asyariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar